Kamis, 14 Maret 2013

DUNIA DI TAHUN 2020


Dunia di Tahun 2020

Kelas baru yang mulai diadakan setiap Rabu dan Jumat sebagian besar diisi oleh murid-murid SMP dan segelintir murid SMA; total 13 orang. Yang membuat saya kagum adalah level kemampuan Bahasa Inggris mereka yang di atas rata-rata teman sebayanya. Ada juga beberapa yang masih harus dipoles lebih banyak, namun tingkat kepercayaan diri mereka cepat bertambah seiring lancarnya anak-anak tersebut mengemukakan pendapatnya. Nah, topik yang kami diskusikan minggu lalu adalah bagaimana kondisi dunia pada umumnya di tahun 2020. Mind you, tahun 2020 hanya tinggal 9 tahun lagi dari sekarang sehingga evolusi teknologi hingga waktu itu masih belum banyak berubah, bukan?! Ya kan?!!
Tapi tidak menurut anak-anak cerdas dan ‘gila’ itu.
Sengaja memang saya bebaskan mereka untuk berpikir gila tanpa menghiraukan realita bahwa jangka waktu 9 tahun tidak cukup untuk menemukan teknologi yang revolusioner. And oh how wild their imagination went. Berikut sekelumit revolusi teknologi yang mereka nilai sangat mungkin terjadi di tahun 2020.

1. Household Robot

Sembilan tahun lagi robot diprediksikan akan mengambil seluruh pekerjaan rumah tangga dan dapat bergerak layaknya manusia. Sebenarnya robot pembantu rumah tangga bukan lagi impian; Jepang adalah salah satu negara terkemuka yang telah mengaplikasikan robot secara terbatas. Saya termasuk yakin bahwa imajinasi ini akan benar terjadi di tahun 2020 meski masih segelintir rumah tangga saja yang dapat menikmatinya.
Sumber: americaninvetors.blogspot.com

2. Flying Cars

Ide ini datang dari seorang murid perempuan pendiam yang ternyata menyimpan imajinasi yang luar biasa. Alasannya sederhana: lalu-lintas semakin macet dan ide ini akan menjadi fokus para peneliti selama beberapa tahun ke depan. Dia mengemukakan sederet alasan praktis lainnya yakni waktu tempuh antara rumah dan sekolah atau kantor akan jauh lebih pendek, meski risiko kecelakaan dapat saja lebih tinggi oleh karena kompleksnya lalu-lintas udara di kota.
Flying Cars (sumber: irvindelapaz.com)
3. Virtual Webcam
Ada lagi anak perempuan pendiam lainnya yang memendam cita-cita untuk melanjutkan pendidikan keCambridge University yang melontarkan ide ini. Secara mengejutkan ia menyebut nama Randy Pausch(alm), seorang peneliti yang sepenuh hati mengembangkan virtual design. Jadi ide dasar dari virtual webcam adalah chatting melalui internet namun lawan bicaranya seolah-olah terlihat langsung wujudnya di depan kita, bukan hanya di layar komputer. Tentunya dibutuhkan koneksi internet dengan kecepatan luar biasa untuk memungkinkan hal ini terjadi.
Virtual Cam (sumer: geronimo.typepad.fr)
4. Instant Food
Yang dimaksud dengan instant food bukanlah makanan kemasan yang mudah dimasak dan dihidangkan. Teknologi ini berupa mesin yang memungkinkan kita menikmati hidangan apapun hanya dengan menekan beberapa tombol. Dengan proses memasak yang instan tanpa perlu lagi kita memasukkan bahan-bahannya, makanan langsung keluar dari mesin dalam keadaan matang.
Paham gak maksud saya? Well, saya maklum bila Anda kurang paham karena untuk saat ini konsep tersebut tidak logis. Tidak pula tersedia ilustrasi agar dapat Anda bayangkan. Inilah konsep yang dilontarkan oleh tiga remaja pria yang urakan namun smart:D

5. Teleportation

Begitu ide ini dikeluarkan, seisi kelas langsung terdiam kagum. Pencetusnya adalah seorang remaja pria yang (lagi-lagi) pendiam namun nampaknya berpikiran jauh ke depan. Seisi kelas beranggapan bahwa ide ini cool, namun ketika dipaparkan konsep sesungguhnya dari teleportation, yakni mengurai setiap sel kita, mengirimnya dalam bentuk data dan merekonstrusikannya lagi di tempat lain, tak urung membuat anak-anak itu bergidik seram.
Teleportation (sumber: foxnews.com)
 ***
Itulah hasil imajinasi anak-anak remaja di kelas tersebut. Kala akhirnya saya mengajak mereka kembali ke realita dan menilai manakah imajinasi yang paling mungkin dicapai di tahun 2020, semua sepakat menjawab robot asisten rumah tanggalah yang paling mungkin menjadi kenyataan. Namun demikian, imajinasi mereka di dalam kelas sore itu adalah sesuatu yang berharga bagi masa depan bangsa kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar